Hi! now you're at my blog... enjoy stay here :)

Saturday, March 2, 2013

Open Source vs. Free Software



Perbedaan antara Open Source dan Free Software

Open source software dan free software adalah dua gerakan yang bermunculan untuk melawan tren yang semakin maju dari pemilik software komersial. Dari nama ‘open source’, kita sudah dapat menyimpulkan bahwa kode sumber software tersedia secara gratis bagi masyarakat untuk dapat dilihat dan dipelajari. Sebenarnya, skala dari open source software memilki ketentuan lebih dari sekedar memiliki kode sumber yang terlihat. Ada banyak definisi dari free software, yang paling umum adalah ‘freeware’, atau software  yang tidak perlu membayar untuk menggunakannya. Namun, gerakan free software menetapkan bahwa kebebasan dalam free software jauh melebihi biaya dari software. Pada dasarnya, pengguna dapat melakukan apapun untuk free software, asalkan software yang dihasilkan juga gratis.

Free software adalah kode berbagi metode dibandingkan dengan open source, yang memungkinkan pembuat kode untuk menentukan kondisi tertentu, untuk memungkinkan penggunaan hukum dan distribusi software. Kode dari open source software dapat menentukan apakah pengguna diperbolehkan untuk mendistribusikan kode dimodifikasi atau tidak. Hal ini tidak mungkin dengan free software, karena khusus menunjukkan bahwa kode dimodifikasi berasal dari free software, juga harus dirilis sebagai free software.

Aspek lain pendukung free software yang menunjukkan pada perangkat lunak open source, adalah praktek dari beberapa perusahaan untuk memasarkan software mereka sebagai open source, tetapi mayoritasnya memiliki fungsi sebagai pemilik software yang dijual tidak gratis. Jadi, meskipun software utama dilisensikan sebagai open source software, membayar untuk mendapatkan fungsionalitas penuh juga diperlukan. Free software tidak diperkenankan untuk bekerja dengan pemilik software, sehingga menghilangkan kemungkinan istilah free software yang digunakan dalam cara yang berbeda.

Meskipun ada faksi utama dalam mempertahankan free software dan open source software, keduanya masih bersatu melawan musuh bersama, pemilik software.Spesifik dari masing-masing mungkin berbeda drastis, tetapi tujuan untuk memberikan gratis dan eksistensi software adalah tetap sama untuk keduanya.

Kesimpulan:

Free software adalah open source software, tetapi open source software belum tentu free software.

Open source memungkinkan kontrol lebih besar atas program kodenya dibandingkan free software.

Open source software dapat bekerja dengan pemilik software lainnya, sedangkan free software tidak memungkinkan hal yang sama.


No comments:

Post a Comment